Webinar Kuliah Umum “7 Strategi Memaksimalkan Potensi dan Membangun Karir di Era Digital”

Webminar Kuliah Umum bersama “Harry XIao”

Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Industri Furnitur Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu pada 24 Oktober 2020 mengadakan webinar kuliah umum bertajuk “7 Strategi Memaksimalkan Potensi dan Membangun Karir di Era Digital” via zoom dan Youtube Live. Webinar yang menghadirkan narasumber Harry Xiao yang menjabat sebagai ketua Asosiasi Manajemen Chapter Semarang dihadiri oleh 154 partisipan dari mahasiswa Polifurneka dan dari umum.

Dian Ayu Pramesti dan Jean Iftitach selaku moderator dalam webinar tersebut mempersilahkan Rektor Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu untuk memberi sambutan. Dalam sambutannya Ibu Tri Ernawati, M.Si. memberikan wejangan kepada seluruh partisipan, bahwa hal yang paling penting adalah strategi dalam membangun mental yang kuat, karena SDM sekarang akan bersaing dengan teknologi atau robot. Bapak Yogi Akbar Sunardiyansah, S.E., M.M. selaku ketua program studi Manajemen Bisnis Industri Furnitur juga memberi sambutan dalam acara tersebut. Saat memberi sambutan beliau memberikan apresiasi kepada seluruh panitia atas terselenggaranya webinar kuliah umum yang pertama.   

Selanjutnya pembicara membuka sesi materi dengan perkenalan diri dan pemaparan karier. Harry manyatakan bahwa terdapat 4P yang harus diperhatikan sebelum memulai karier, yaitu passion, potential, profit, dan purpose. Passion yang dimaksud adalah bukan sekedar gairah, melainkan sesuatu yang paling disukai. Karena kita menyukai sesuatu, maka kita akan melakukan hal tersebut dengan sepenuh hati. Dalam hal ini, delegasi juga diminta untuk merenungkan “untuk apa saya dilahirkan ke dunia?” agar dapat mengetahui tujuan (purpose) hidup.

Sesuai dengan topik webinar, Harry memaparkan tujuh strategi untuk memaksimalkan potensi membangun karier. Adapun 7 strategi tersebut adalah dengan memaksimalkan integritas, kapasitas, produktivitas, vitalitas, spiritualitas, komunikatif, dan melek akan teknologi.

Para peserta webinar sangat berantusias dalam menerima materi. Pemaparan materi oleh Bapak Harry Xiao membangkitkan rasa keingintahuan para peserta, sehingga para peserta berebut kesempatan untuk bisa bertanya kepada pemateri. Alhasil moderator memilih 5 partisipan untuk bertanya pada saat sesi tanya jawab.

Usai sesi tanya jawab, moderator menyampaikan kesimpulan tentang tujuh strategi memaksimalkan potensi untuk membangun karier di era digital dan menyampaikan apresiasi serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber.

Di penghujung acara pembicara menambahkan satu poin penting yaitu “Your Mind is Your Limit” yang berarti bahwa tidak ada yang bisa membatasi diri mu melainkan pikiran mu sendiri. Pada pukul 10.56 acara resmi ditutup oleh moderator. Kegiatan webinar ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi partisipan, khusususnya mahasiswa polifurneka untuk terus memaksimalkan potensi yang ada dalam diri sehingga dapat membangun karier yang bagus di era digital yang penuh dengan tantangan ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *