MBIF

Kegiatan PKM Program Studi MBIF Pendampingan Pengembangan BUMDES Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Kegiatan PKM Program Studi Manajemen Bisnis Industri Furnitur (MBIF) dilaksanakan di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu pada hari Sabtu tanggal 18 September 2021 pada pukul 08.00-17.00 dengan mengambil tema kegiatan Pendampingan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini terdiri dari pendampingan pengembangan Badan Usaha Milik Desa seperti pengetahuan untuk pendaftaran BUMDes pada sistem website https://bumdes.kemendesa.go.id yang sudah terintegrasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Dimana pendaftaran BUMDes tersebut tidak hanya secara legalitas/ hukum saja namun juga termasuk kegiatan usaha dan unit usaha yang dilakukan oleh BUMDes, organisasi BUMDes,pendataan, pembinaan dan pengembangan serta pemeringkatan BUMDes, dan juga modal serta aset yang dimiliki oleh BUMDes. Dalam pelaksanaan kegiatan ini ditemukan apabila Desa Pucang sudah memiliki BUMDes dengan mana BUMDes Pucang Berdikari namun belum di integrasikan dan didaftarkan pada website Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kemudian BUMDes Pucang Berdikari sudah memiliki daftar struktur organisasi pengelolaan BUMDes namun setiap bagiannya masih belum memiliki SOP atau alur prosedur untuk pengelolaan seperti sistem keuangan, pelayanan, penjualan dan serta belum adanya program kerja yang disusun untuk BUMDes tersebut.

Kegiatan pendampingan pengembangan BUMDes Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang diharapkan dapat ditindaklanjuti pada PKM selanjutnya seperti pengembangan program kerja BUMDes dan manajemen pemasaran BUMDes terkait dengan video profil desa, video inovasi brilian, website desa, sosial media BUMDes, aplikasi layanan umum dan marketplace untuk BUMDes. Pemasaran ini penting dikarenakan pemasaran merupakan salah satu ujung tombak kemajuan BUMDes, dimana layanan-layanan yang diberikan BUMDes nantinya dapat meningkatkan pendapatan desa dan membantu masyarakat desa untuk dapat berkembang melalui pemberdayaan BUMDes yang ada.
Apabila BUMDes sudah memiliki program kerja yang jelas maka selanjutnya dapat dilakukan pembinaan terkait dengan laporan keuangan untuk pengelolaan BUMDes tersebut. Karena pada saat PKM ini dilaksanakan diketahui apabila BUMDes Pucang Berdikari belum memiliki laporan keuangan terkait dengan pengelolaan BUMDes, yang ada hanyalah catatan mengenai nota masuk dan keluar saja, namun untuk pengelolaan keuangan belum dapat dilakukan karena keterbatasan sumber daya dan pengetahuan yang ada. Selain itu, pendampingan ini berkaitan dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat terutama dalam mengembangkan kemampuan berusaha, peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini juga mampu menumbuhkan dan memupuk jiwa kewirausahaan bagi masyarakat desa serta menumbuhkan rasa tanggungjawab terhadap sebuah kebijakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *