MBIF

PARTNERSHIP

Prodi MBIF menjalin Kerjasama dengan perusahaan maupun pelaku industri yang bergerak dibidang Furniture untuk melaksanakan kurikulum dual system dan transfer knowledge dalam rangka mewujudkan corporate university. Saat ini terdapat 144 perusahaan yang bergabung dalam Kerjasama industri dengan Politeknik Industri Furnitur Dan Pengolahan Kayu Kendal. Kegiatan yang dilakukan dalam kerja sama industri antara lain:

  1. Kerjasama Dalam Kegiatan Praktek Industri

Dalam rangka menjalankan kurikulum dual system pembelajaran dilakukan 30% dikelas dan 70% di industri. Tugas-tugas yang diberikan saat kegiatan magang industri akan memberikan insight kepada mahasiswa sehingga mahasiswa lebih memahami pembelajaran yang diberikan secara komprehensif. Disisi lain, industri dapat langsung merekrut mahasiswa yang memiliki kinerja yang bagus saat magang sehingga perusahaan tidak perlu lagi memberikan training  karena mahasiswa yang bersangkutan sudah memahami kondisi perusahaan dan tentu saja sudah dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan kerjanya.

                          Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Praktik Industri di PT JIF         

Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Praktik Industri di PT Qvesarum Asia

  1. Kerjasama Dalam Perekrutan Karyawan di Perusahaan Furniture

Selain melakukan program magang, rekan industri juga dapat merequest alumni MBIF untuk mengisi posisi pekerjaan yang dibutuhkan sehingga menghemat biaya dan waktu dalam proses recruitment karyawan. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, dimana HRD PT Qvesarum Asia Membutuhkan karyawan PPIC dan berencana untuk merekrut mahasiswa MBIF yang melakukan kegiatan praktik industri di PT Qvesarum Asia. Hal ini disampaikan pada saat kegiatan Monev Praktik Industri.

Diskusi dengan HRD PT Qvesarum Asia untuk merekrut mahasiswa MBIF

  1. Kerjasama Dalam Kegiatan Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Bagi perusahaan yang menjadi rekan industri kami, dapat mengusulkan permasalahan yang terjadi di perusahaannya untuk dapat diangkat menjadi tema penelitian agar didapatkan solusi yang optimal dengan pendekatan akademik.

Berdiskusi Mengenai Problem Yang Ada Di PT Quartindo Sejati Furnitama
  1. Kerjasama Dalam Event Furnecraft Expo

Dalam rangka melaksanakan mata kuliah Manajemen Event, MBIF mengadakan kegiatan Furnecraft Expo. Selain memberikan pengalaman mahasiswa dalam mengadakan kegiatan expo, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu promosi bagi UMKM yang bergerak dibidang Furniture. Furnecraft expo yang pertama diadakan pada tanggal 5-7 Agustus 2022. UMKM yang menjadi peserta expo dapat menampilkan produk yang dihasilkannya dan kegiatan ini tidak dipungut biaya.

Bapak Arus Gunawan (Kepala BPSDMI) Dalam Pembukaan Furnecraft Expo 2022

Dari ulasan mengenai keuntungan dalam Kerjasama industri, apabila ada perusahaan yang tertarik untuk bergabung menjadi rekan industri kami silahkan mendaftar pada link berikut ini


Daftar